Cara Agar Android Awet dan Tahan Lama Saat Di Gunakan

Berikut ini adalah Cara agar smartphone awet dan tahan lama. Cara agar android awet dan tahan lama bertujuan untuk melindungi dan merawat ponsel kesayangan anda dari segala kerusakan baik dari dalam maupun luar. Maka dari itu, kami pun membagi pembahasan artikel ini ke dalam 2 bagian, yakni software dan hardware agar anda lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya.

Alat komunikasi berupa ponsel bisa penulis katakan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan, dan papan. Alhasil, hampir semua lapisan masyarakat pun sudah memiliki gadget ini, baik kelas bisnis maupun menengah ke bawah, mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak sekalipun. Berbagai merek dan tipe hape pun beredar dengan rentang harga yang bermacam-macam.

Cara Agar Android Awet

Cara Agar Android Awet dan Tahan Lama Banget

Nah, untuk menjaga agar hape kesayangan anda tidak cepat rusak, tentu ada beberapa hal yang mesti anda lakukan, seperti di bawah ini.

Agar Smartphone Awet maka Ketahui Bagian Software

Langkah pertama dalam cara agar android awet dan tahan lama ialah merawat software. Software atau perangkat lunak merupakan semua sistem yang menjalankan fungsi hape. Dan, cara termudah untuk merawatnya ialah dengan :

  1. Menginstall aplikasi dan game yang diperlukan saja. Banyaknya aplikasi yang dipasang merupakan salah satu penyebab leletnya handphone. Lihat juga : Langkah Penting Ketika HP Hilang atau Dicuri.
  2. Selain itu anda juga harus waspada saat mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Pasalnya, aplikasi seperti ini sangat rentan disuntik virus atau malware. Pilihlah store yang benar-benar terpercaya dan pasang antivirus sebagai upaya pencegahan.
  3. Jangan lupa untuk melakukan tune up paling tidak sebulan sekali sehingga sistem operasi ponsel dapat berfungsi secara normal dan bekerja maksimal. Terakhir,
  4. Lakukan back up data, terutama kontak, secara berkala sebagai langkah antisipasi bila terjadi hilang data.

Supaya HP Android Awet Perhatikan Bagian hardware

Bagian hardware juga tak kalah penting dari perangkat software. Untuk itu, cara agar android awet dan tahan lama ini juga akan mengulas bagaimana cara merawat bagian ini. Perangkat keras ini pun terdiri dari beberapa bagian, yakni sektor body, layar, keyboard atau tombol, kamera dan speaker, serta baterai. Gunakanlah perangkat pelindung seperti flip cover dan screen protector untuk melindungi bagian-bagian tersebut dari goresan dan retak akibat terjatuh dsb. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan menggunakan ponsel sewajarnya dan melakukan pembersihan paling tidak sebulan sekali.

Cara Agar Android Awet dan Tahan Lama

Cara perawatan juga bisa anda lakukan dengan menyimpan hape di tempat aman dan menjauhkannya dari bahan-bahan berbahaya, semisal medan magnet, benda tajam, dan obat kimia. Untuk menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sangat disarankan untuk melakukan pengisian ulang saat daya menunjukkan angka 10-15%. Baca juga : Tips Memilih Smartphone Android yang Benar.

Anda juga tidak boleh membiarkan hape dicharging terlalu lama, semalaman penuh, misalnya, sehingga anda harus segera melepas charging begitu tanda notif menunjukkan bahwa baterai ponsel sudah terisi penuh. Sementara itu, proses pembersihan bagian hardware bisa dilakukan sekali 3 bulan dengan menggunakan cotton bud, lap kain mikrofiber, dan cairan pembersih. Itulah cara agar android awet dan tahan lama semoga bisa membantu anda dalam perawatan hp android anda.


Cara Agar Android Awet dan Tahan Lama Saat Di Gunakan | mazinu | 4.5

Leave a Reply