Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus

Berikut ini adalah Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus. Tips yang kita bahas berikut akan cukup membantu Anda melindungi smartphone Anda yang mungkin menyerang akibat penggunaan smartphone. Terkadang, pengguna smartphone mengalami kesulitan saat hendak menginstall sebuah aplikasi dari Google Play Store. Namun hal ini tentu saja bukan tanpa solusi. Beberapa third party memberikan solusi bagi kesulitan ini.

Third party menyediakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk dapat didownload dan di instal di smartphone Anda biasa di download dalam format .apk. Pengunduhan dan instalasi aplikasi seperti inilah yang kerap kali membawa resiko faktor keamanan bagi smartphone. Hal ini tak lain karena aplikasi tersebut belum melalui tahap penyaringan dan verifikasi dari penyedia sistem aplikasi android maupun pengembang asli dari aplikasi itu sendiri.

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus

Mengamankan Smartphone Android Dari Virus

Penggunaan smartphone berbasis Android dianggap memiliki celah keamanan yang semakin rawan terutama disebabkan oleh perilaku penggunanya. Penggunan smartphone berbasis android dianggap cenderung mengesampingkan faktor keamanan dalam menggunakan perangkat seluler mereka.

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus Berbahaya

Hal ini didukung oleh laporan Juniper Network pada tahun 2013 yang menyebutkan bahwa terjadinya serangan ke android mencapai angka prevalensi hingga 93%. Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus dibawah merupakan hal-hal yang disarankan ESET Indonesia untuk lebih melindungi perangkat seluler berbasis android dari virus malware.

Pastikan Anda menginstal update terbaru

Cara Mengamankan Android Dari Virus yang pertama adalag pastikan sistem yang anda gunakan adalah sistem dengan update terbaru. Asumsinya adalah semakin lama update sebuah sistem maka para “pegiat” virus dan malware memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempelajari celah yang dapat digunakan untuk menciptakan dan menyebarkan virus maupun malware. Makin baru versi sebuah sistem maka mereka harus mempelajari juga hal-hal baru yang dibawa oleh update-an tersebut untuk dapat melakukan penyerangan.

Meski demikian, melakukan update saja tidaklah cukup. Anda harus memastikan bahwa patch yang Anda lakukan menggunakan perangkat yang asli dari software bawaan smartphone Anda. Meski demikian beberapa software seperti Java dan Flash seringkali memiliki fitur update nya sendiri. Tetaplah waspada jika ada hal-hal yang mencurigakan saat Anda melakukan update.

Pertimbangkan sebelum menginstal aplikasi

Cara Mengamankan Smartphone Dari Virus selanjutnya adalah lakukan pertimbangan sebelum menginstal aplikasi ke smartphone Anda. Terdengar ribet dan berlebihan. Akan tetapi akan sangat bijak jika dilakukan. Dan tak perlu melakukan pertimbangan yang berbelit cukup dengan melihat apakah aplikasi tersebut berasal dari sumber resmi yang kredibel.

Semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin banyak celah keamanan yang dapat dibobol oleh virus ataupun malware. Menginstal aplikasi dari pihak ketiga patutnya dijadikan alternatif terakhir karena tindakan ini berpotensi paling tinggi terhadap gangguan keamanan pada smartphone Anda.

Amankan jejaring sosial dengan mengaktifkan set up keamanan

Sudah sering terjadi kasus pembajakan akun jejaring sosial oleh seseorang yang bahkan hingga digunakan untuk melakukan tindakan kriminal. Untuk menghindari hal tersebut diatas maka Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus yang ketiga ini sebaiknya Anda terapkan.

Gunakan atau aktifkan set up keamanan pada semua akun jejaring sosial yang Anda miliki. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah tercurinya data pribadi di jejaring sosial Anda. Beberapa jejaring sosial dilengkapi dengan sistem keamanan yang akan memberitahu Anda ketika ada aktivitas login atau akses yang dilakukan dari perangkat yang tidak dikenal.

Demikian artikel tentang Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus yang bisa kami berikan, semoga hp anda terbebas dari virus penyebab rusaknya hp android anda.

Save

Labels : kenapa kecepatan download idm lambat | cara mendapatkan uang untuk anak muda |

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Virus | mazinu | 4.5

Leave a Reply