Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil

In Kesehatan 51 views

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil. Banyak orang mencari cara mengatasi kaki kram pada ibu hamil karena masalah kaki kram memang banyak dialami terutama oleh mereka yang memasuki trimester akhir masa kehamilan. Sebelum membahas cara mengatasinya, penting untuk mengetahui penyebab kaki kram ketika hamil. Penyebab yang paling sering ditemui adalah karena membesarnya area perut mengakibatkan pembuluh darah balik yang berada di area pangkal panggul menjadi tertekan dan menyumbat peredaran darah ke kaki.

Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil

Kondisi inilah yang menghambat sirkulasi darah ke kaki dan mengakibatkan kram kaki. Selain itu, hal ini juga didukung dengan kelelahan otot yang menahan berat tubuh yang bertambah selama kehamilan. Kram kaki juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan gizi di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil dengan Mudah

Terapi Alami

Jika anda mengalami kram kaki saat hamil, maka anda dapat melakukan pijatan lembut di sekitar otot kaki yang kram. Tetapi anda perlu hati-hati atau anda dapat meminta bantuan ahli untuk menghindari salah pijat.Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil yang lebih sederhana adalah dengan meluruskan tumit dan kaki anda secara perlahan, kemudian tekuklah tumit dan jari anda untuk membantu kaki anda lebih rileks dan menghilangkan rasa kram. Ulangi langkah ini saat beraktivitas dan sebelum tidur. Anda juga dapat memutar-mutar area pergelangan kaki serta menggoyangkan ibu jari saat duduk. Sebagai latihan, cobalah berjalan kaki setiap hari setidaknya selama 10-15 menit. Baca juga : Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil.

kaki ibu hamil

Selain dengan melakukan gerakan relaksasi sederhana, mengatasi kaki kram pada ibu hamil lainnya adalah dengan merendam kaki anda di air hangat atau dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat ini dapat membuat anda menjadi lebih rileks serta melemaskan otot-otot kaki yang tegang. Anda juga dapat meletakkan kaki anda di posisi yang lebih tinggi ketika tidur untuk memperlancar peredaran darah di area kaki. Setelah anda mengetahui cara mengatasi kaki kram, sebaiknya anda juga mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kaki kram tersebut.

Tips Mencegah Kaki Kram pada Ibu Hamil

Langkah-langkah sederhana untuk mencegah terjadinya kaki kram antara lain adalah dengan menjaga asupan air di dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Selain air, zat-zat seperti kalsium dan magnesium juga penting untuk dikonsumsi dan dapat mencegah timbulnya kram. Ketika beraktivitas, gunakanlah sepatu yang nyaman dipakai dan hindari memakai sepatu dengan hak tinggi dan usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama. Sementara saat duduk, upayakan untuk tidak duduk dengan posisi kaki menyilang. Ketika tidur, berbaringlah dengan posisi tubuh miring ke kiri untuk memperlancar peredaran darah.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil dan cara mencegahnya yang dapat anda lakukan.

Tags: #cara mengatasi kaki kram pada ibu hamil #kaki kram pada ibu hamil #mengatasi kaki kram pada ibu hamil

author
Author: 
    6 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami
    6 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami
    6 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Secara
    Cara Mendapatkan Rambut Sehat Dengan Bahan Alami
    Cara Mendapatkan Rambut Sehat Dengan Bahan Alami
    Cara Mendapatkan Rambut Sehat Dengan Bahan Alami
    Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah
    Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah
    Perut buncit adalah kondisi perut yang besar,
    Tips Mengemudi Bagi Ibu Hamil Agar Nyaman Tanpa Bahaya
    Tips Mengemudi Bagi Ibu Hamil Agar Nyaman Tanpa Bahaya
    Bagaimana cara mengemudi bagi ibu hamil? Meski

    Leave a reply "Cara Mengatasi Kaki Kram pada Ibu Hamil"

    Must read×

    Top