Langkah Penting Ketika HP Hilang atau Dicuri Agar Ketemu

Tiga langkah penting ketika hp hilang membahas segala hal yang harus anda lakukan agar bisa mendapatkan gadget anda kembali dan menghindari penyalahgunaan. Ketergantungan manusia akan smartphone sudah tak bisa lagi dibatasi karena segala sendi kehidupan manusia kini terhubung dengan ponsel cerdas. Fungsi ponsel yang dulu hanya digunakan sebagai alat komunikasi, kini telah bergeser menjadi perlengkapan bisnis dan edukasi sekaligus hiburan yang bisa dibawa ke mana saja.

Meningkatnya kebutuhan akan smartphone berkat segala kelebihannya membuat manusia mengandalkan gadget ini untuk melakukan segala aktivitas, seperti mengedit dokumen, menyimpan file berharga, dan sebagai sarana hiburan dan game. Akibatnya, saat seseorang kehilangan ponsel, ia pun seperti kehilangan separuh nyawanya.

Langkah Penting Ketika HP Hilang atau Dicuri

Langkah Penting Ketika HP Hilang atau Dicuri Orang

Apabila HP Android anda hilang, maka sebaiknya ikuti langkah ini :

Lakukan panggilan atau kirim pesan

Langkah penting ketika hp hilang yang pertama adalah melakukan panggilan dan mengirim pesan. Dengarkan nada dering atau suara yang ditimbulkan oleh ponsel anda untuk menjaga kemungkinan bahwa hape masih berada di sekitar anda. Namun, bila gadget anda benar-benar hilang, maka seseorang yang menemukannya pasti akan mengangkat panggilan atau membalas pesan yang anda kirimkan tadi. Lain lagi kalau ternyata smartphone anda dicuri, anda bisa loncat ke langkah selanjutnya. Baca juga : Tips Memilih Smartphone Android yang Benar.

Konfigurasi akses remote

Kecanggihan smartphone menawarkan segala kemungkinan tanpa batas. Satu cara untuk melindungi data privasi dalam smartphone ialah dengan melakukan konfigurasi remote. Langkah ini memiliki sejumlah manfaat, seperti mengunci ponsel dari jarak jauh hanya dengan menggunakan teks, menghapus data yang disimpan, hingga melacak lokasi keberadaan hape. Setiap sistem operasi ponsel memiliki jenis layanan seperti ini: Android dengan dengan Android Device Manager, iOS dengan sistem iCloud, dan iPhone dengan Find My iPhone. Untuk melakukan konfigurasi memang membutuhkan waktu lama dan proses yang tidak singkat. Namun, langkah penting ketika hp android hilang ini sangat disarankan untuk dilakukan demi menghadapi kemungkinan terburuk.

Hubungi provider seluler

Menghubungi provider operator seluler juga bisa kamu lakukan untuk melacak keberadaan lokasi ponsel. Meski ponsel kamu mati atau sang pencuri sudah mematikannya, paling tidak anda bisa mengetahui letak terakhir gadget anda. Namun, bila anda sudah putus asa dan tidak berniat lagi mencarinya, anda juga bisa meminta provider untuk menghentikan layanan. Lihat juga : Tablet Windows Murah Dengan RAM 2 GB.

HP hilang

Upaya pencegahan HP Hilang

Artikel mengenai tiga langkah penting ketika smartphone hilang ini juga memberikan sedikit tips bagi anda sebagai upaya pencegahan. Beberapa hal yang bisa anda lakukan antara lain:

  1. Membuat kunci keamanan dengan PIN atau pola yang rumit
  2. Menggunakan cara masuk dua langkah (dengan akun Google)
  3. Mengonfigurasikan ponsel lewat Android Device Manager
  4. Menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga
  5. Back up data
  6. Mencatat nomor-nomor penting (IMEI, MEID, nomor serial)

Demikian artikel tentang Langkah Penting Ketika HP Android Hilang atau Dicuri yang bisa saya postingkan, semoga hp anda yang hilang atau android dicuri orang segera anda temukan.


Langkah Penting Ketika HP Hilang atau Dicuri Agar Ketemu | mazinu | 4.5

Leave a Reply