Persiapan Menyusui Setelah Melahirkan Bagi Seorang Ibu

Ketika hamil, pasangan suami istri akan dibuat pusing untuk mempersiapkan berbagai macam hal demi menyambut sang buah hati. Begitu juga di saat bayi sudah dilahirkan. Ada banyak pula persiapan menyusui setelah melahirkan yang harus diperhatikan dan dipersiapkan supaya bayi mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Persiapan Menyusui Setelah Melahirkan

Baca Artikel :

Persiapan Menyusui Setelah Melahirkan yang Perlu Anda Tahu

Karena itulah di bawah ini akan kami berikan tips dan beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk bisa menyusui dengan sempurna setelah anda melahirkan, antara lain:

Tenangkan diri

Saat ibu baru saja melahirkan, namun tetap belum bisa mengeluarkan asi, tentu ini akan membuat para ibu menjadi panik. Nah, bila hal tersebut terjadi pada anda, maka tenangkan diri anda terlebih dahulu. Selanjutnya duduk dan tenangkan diri anda sendirian. Akan tetapi bila anda lebih tenang ketika ditemani seseorang, maka pilihlah orang yang paling anda percaya dan bisa mendukung anda untuk menenangkan diri. Dengan ketenangan itulah akan membuat otak anda menjadi lebih terstimulasi dan akhirnya memerintahkan otak untuk mengeluarkan oksitosin dan akhirnya ASI akan keluar. Baca juga : Pengaruh Makanan Asam untuk Ibu Hamil.

Lakukan kontak kulit bersama sang buah hati

Selain hal tersebut, salah satu persiapan menyusui setelah melahirkan adalah lakukan kontak kulit dengan sang buah hati. Itu akan membuat ASI anda bisa keluar.

Lihatlah foto sang bayi

Untuk membuat ASI anda bisa keluar, maka bila anda tidak bisa melakukan kontak kulit dengan sang buah hati, maka lihatlah foto sang buah hati dan dengarkan rekaman suara tangisan juga cium bau tubuh dari baju sang buah hati. Itu akan membuat ASI anda menjadi terangsang dan akhirnya bisa keluar.

Lakukan Hypnobreastfeeding

Untuk membuat preoduksi ASI makin meningkat, maka terapkan hypnobreastfeeding sendiri. Caranya adalah masukkan kalimat motivasi ke dalam bawah sadar anda. Dan bayangkan ASI anda telah mengalir dengan deras seperti air mancur dan bayangkan juga bahwa sang buah hati telah minum ASI anda hingga kenyang. Dengan membayangkan hal itulah akan membuat otak anda menjadi termotivasi untuk memproduksi asi. Dan bila perlu lakukan teknik pernafasan untuk membuat anda lebih rileks dan akhirnya ASI akan keluar.

Lakukan perangsangan terhadap puting susu anda

Hal lain sebagai persiapan menyusui bayi setelah melahirkan adalah lakukan perangsangan terhadap puting susu anda. Caranya adalah tariklah puting anda dengan lembut dengan cara memutar secara perlahan puting susu anda tersebut. Atau anda juga bisa melakukan pemijatan secara perlahan atau dengan cara mengusapnya. Anda bisa melakukan cara ini bila rangsangan terhadap mulut bayi belum berhasil.

Sekian beberapa persiapan menyusui setelah melahirkan yang harus anda perhatikan bila anda ingin sukses dalam menyusui ketik anda nanti akan melahirkan. Semoga artikel kami bermanfaat.

Incoming search terms :

Persiapan Menyusui Setelah Melahirkan Bagi Seorang Ibu | mazinu | 4.5

Leave a Reply