3 Jenis Tali Tambang Plastik Untuk Berbagai Kebutuhan!

Seperti namanya, tali tambang plastik merupakan salah satu jenis tali tambang yang berbahan dasar plastik. Jenis tali tambang ini biasanya digunakan dalam berbagai industri seperti industri olahraga, pertambangan, serta kelautan dan perikanan.

Jenis tali tambang ini cocok untuk industri tersebut karena memiliki sifat yang anti korosi. Selain itu tali ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan pengangkatan dengan sangat baik. Hal tersebut karena sifat dari tali tambang ini mampu mengangkat beban yang sangat berat. Sehingga, ini akan sangat membantu Anda.

Jenis Tali Tambang Plastik Beserta Kegunaanya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tali ini berguna di beberapa bidang. Namun, dalam penggunaannya, menggunakan jenis tali tambang berbahan dasar plastik yang berbeda-beda. Adapun, harga tali tambang plastik dibanderol dengan harga berbeda-beda tergantung keunggulannya. Berikut merupakan informasinya.

1. Jenis Tali PE

Jenis yang pertama yakni tali tambang yang terbuat dari serat sintetis polyethylene. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis tambang ini yaitu bersifat lentur dan tidak terlalu kaku dibandingkan yang lainnya. Selain itu, tali tambang dengan bahan serat ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dan tahan terhadap paparan sinar ultra violet juga bahan kimia.

Dengan karakteristik yang dimilikinya menjadikan jenis tali tambang ini cocok untuk digunakan di industri kelautan dan perikanan. Tali ini sering dijadikan sebagai jala untuk menangkap ikan. Ukuran dari tali tambang ini biasanya kecil hingga sedang. Harga tali tambang plastik jenis PE dibanderol cukup tinggi per roll-nya.

2. Jenis Nilon

Jenis yang kedua, yakni tali tambang nilon. Tali tambang ini memiliki karakteristik yang sangat kuat, tahan terhadap gesekan, seta sangat elastis. Sehingga tak heran mengapa tali nilon merupakan jenis tali terkuat dan memiliki tingkat peregangan yang sangat baik. Dengan keunggulan yang dimilikinya menjadikan harga tali tambang plastik nilon dibanderol cukup tinggi.

Tali tambang jenis nilon mampu untuk menahan beban yang sangat berat dan sangat ideal untuk digunakan dalam sistem katrol juga winch. Layaknya jenis tali PE, tali tambang jenis ini juga memiliki kekuatan terhadap paparan sinar ultra violet dan bahan-bahan kimia.

3. Jenis Polypropylene

Terakhir, jenis polypropylene. Keunggulan yang dimiliki oleh tali tambang ini adalah mampu menjaga strukturnya ketika terendam air dan berlumut, sehingga cocok untuk industri kelautan. Serta merupakan isolator yang cocok untuk industri listrik. Harga tali tambang plastik polypropylene dibandrol dengan harga tertinggi dibandingkan dua jenis sebelumnya.

Dengan mengetahui berbagai jenis dan kegunaan tali tambang tersebut, kamu akan lebih paham terkait tali tambang plastik  apa yang dibutuhkan oleh suatu industri. Sehingga, tidak salah dalam memilihnya.