5 Keuntungan Menggunakan Layanan Online Assessment

Tak dapat dipungkiri semenjak masa pandemi seperti sekarang ini ada banyak hal yang mulai dilakukan berbasis digital, mulai diantaranya adalah bekerja sampai dengan belajar. Masyarakat juga harus mulai menyesuaikan diri dengan hal tersebut. Apalagi memang pandemi sendiri juga tak kunjung berakhir, bahkan semakin menjadi-jadi. Jika dilihat ada semakin banyak angka penambahan kasus baru yang memang membuat pemerintah sendiri mengambil kebijakan beberapa sektor hendaknya bekerja di rumah. Hal ini membuat sebagian besar perusahaan menerapkan sistem online assessment untuk penilaian mereka.

Assessment ini sendiri pada dasarnya merupakan suatu proses pengumpulan bukti yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan adalah untuk membuat keputusan tentang perilaku berdasarkan dengan standar kompetensi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal ini biasanya memang dilakukan secara langsung, apalagi untuk proses rekrutmen tenaga kerja atau SDM yang baru. namun belakangan ini jika dilihat memang ada semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem online untuk melakukan penilaian tersebut, sebagai salah satu cara untuk menjamin keamanan.

Online assessment ini sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah tools atau alat yang sudah dibuat sebelumnya. Hal ini memberikan begitu banyak keuntungan, diantaranya adalah:

  1. Membuat penyaringan awal menjadi lebih mudah tugas seorang HR akan dipermudah disini karena memang dapat membantu untuk mengukur seberapa bagus recruiter tersebut secara lebih obyektif. Tak hanya sekedar melihat pada kertas-kertas atau dokumen yang ada, melainkan dari data apa yang sudah dimasukkan ke dalamnya. Sehingga nantinya tahap penyaringan akan berlangsung secara lebih cepat dan juga hasilnya jadi lebih obyektif.
  2. Digunakan untuk mencocokkan dengan budaya perusahaan tersebut, tak dapat dipungkiri jika seandainya perusahaan akan mencari calon karyawan yang agaknya memiliki kepribadian cocok dengan budaya perusahaan tersebut. sehingga nantinya akan lebih mudah beradaptasi di dalamnya. Dengan adanya tes atau assessment secara online ini nantinya akan membantu recruiter untuk menilai karakter dan juga kepribadian dari kandidat tersebut. juga mencocokkannya dengan jenis terang yang cocok untuk perusahaan.
  3. Memudahkan penilaian secara spesifik, alat semacam ini nantinya juga akan membantu penilaian secara spesifik, karena data yang didapatkan lengkap dan dikelola menggunakan teknologi AI. Sehingga hasil yang diterima juga akan jauh lebih akurat, tentunya pertanyaan untuk mengisi lowongan masing-masing jabatan akan berbeda bukan.
  4. Keputusan yang diambil akan lebih obyektif karena berbasis data, selama ini mungkin Anda sendiri sudah tak asing lagi dengan hal-hal berbau KKN yang ada di sebuah perusahaan, apalagi dalam hal perekrutan karyawan baru, sangat mungkin terjadi. Namun jika seandainya prosedur seleksinya dilakukan berbasis teknologi. Maka keputusan yang diambil nantinya jadi lebih obyektif sesuai dengan data yang didapatkan.
  5. Dapat digunakan untuk membantu dalam mengenali potensi dan juga kelemahan dari masing-masing kandidat, sarana berbasis teknologi ini nantinya juga akan digunakan untuk mengetahui apa saja potensi bahkan juga kelemahan dari masing-masing kandidat tersebut. sehingga tahu skill apakah yang harus di timpa oleh masing-masing diantara mereka.

Anda bisa mempercayakan proses penilaian atau recruiter secara online ini dengan platform yang tepat. Online assessment dari Prasmul-ELI misalnya. Platform yang satu ini tak hanya menawarkan berbagai macam bentuk pelatihan untuk meningkatkan skill, melainkan juga digunakan untuk perusahaan yang memang tengah mencari bentuk-bentuk penilaian berbasis teknologi atau secara online. Untuk informasi lebih lengkapnya maka langsung cek di website resminya.