Amoxicillin – Apa itu, Bagaimana Cara Meminumnya dan Efek Sampingnya

Amoxicillin adalah jenis antibiotik yang melawan bakteri dalam tubuh Anda. Ini digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti tonsilitis, bronkitis, pneumonia, gonore dan infeksi telinga. Amoksisilin bekerja dengan memerangi bakteri dalam tubuh Anda dan mengobati berbagai infeksi bakteri yang berbeda.

Amoxicillin bersifat bakterisid yang efektif terhadap bakteri Gram negatif dan Gram positif seperti Staphylococci, Streptococci, Enterococci, S. pneumoniae, N. gonorrhoeae, H influenzas, E. coli, dan P. mirabiis.

Amoxicillin termasuk dalam kelompok obat yang disebut penisilin yang termasuk dalam kelas antibiotik yang dikenal sebagai penghambat beta-laktamase. Ini bekerja dengan mencegah enzim memecah penisilin di dalam sel yang menyebabkan kematian mereka karena efek ini pada struktur dinding sel. Efek samping yang paling umum adalah mual, muntah, diare, atau sakit perut, tetapi biasanya tidak berlangsung lama dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Efek samping yang lebih serius adalah peradangan pada tendon (kabel yang menghubungkan otot ke tulang), nyeri atau pembengkakan sendi, demam, ruam kulit, dan syok anafilaksis. Penting untuk tidak mengkonsumsi Amoxicillin jika Anda alergi terhadap penisilin karena kondisi Anda dapat memburuk. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang efek samping dari penggunaan Amoxicillin.

Ada sejumlah penisilin yang tersedia untuk digunakan dan mereka memiliki sifat yang sama serta efek samping. Penisilin yang paling umum digunakan di seluruh dunia adalah Amoxicillin. Amoxicillin dapat mengobati banyak infeksi bakteri umum seperti radang amandel, bronkitis, pneumonia, gonore, dan infeksi telinga.

Jika Anda menggunakan Amoxicillin untuk infeksi bakteri, dokter Anda mungkin meresepkan 250 mg sampai 500 mg Amoxicillin tiap 8 jam sekali atau sebanyak tiga kali sehari. Dosis Amoxicillin untuk anak-anak adalah 20 mg/kgBB/hari yang diminum tiga kali sehari.

Amoxicillin bisa Anda dapatkan di apotek dengan menggunakan resep dokter. Harga Amoxicillin trihydrate kaplet 500 mg di apotek bervariasi, tergantung pada merk apa yang Anda beli. Apabila Anda ingin mendapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau, disarankan untuk membeli obet ini dengan merk generik.

Amoxicillin biasanya dikontraindikasikan dalam kondisi berikut: jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap penisilin atau sefalosporin, jika Anda memiliki reaksi alergi sebelumnya terhadap Amoxicillin atau penisilin lainnya, jika Anda sedang hamil atau menyusui, dan menderita diabetes melitus.