Apa Saja Perbedaan Bank dan Fintech yang Perlu Kamu Ketahui?

Penggunaan financial technology atau dikenal dengan Fintech merupakan hal yang paling sering dilakukan pada era revolusi 4.0 ini. Sebab,  Fintech Indonesia memudahkan masyarakat dalam melakukan proses transaksi keuangan dengan efektif. Namun, tetap saja penggunaan Bank tetap dilakukan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan perbedaan antara Bank dan Fintech yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Fintech

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan bank dan Fintech, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Fintech. Fintech atau yang dikenal sebagai financial technology merupakan perangkat financial yang melibatkan teknologi untuk mempermudah proses transaksi keuangan.

Pengertian Bank

Setelah mengetahui pengertian fintech, tentu saja anda perlu mengetahui pengertian Bank. Adapun pengertian bank yaitu Lembaga keuangan yang didirikan untuk melayani masyarakat dalam proses pembayaran, penyimpanan uang, dan menyalurkan Kembali dana ke masyarakat.

Perbedaan Bank dan Fintech yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat beberapa perbedaan antara  Bank dan Fintech yang perlu anda ketahui. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua prosedur keuangan tersebut:

Media yang Digunakan

Bank dan Fintech umumnya adalah Lembaga keuangan. Namun, perbedaan pertama dari keduanya dipantau dari sisi media yang digunakan. Dimana, Bank merupakan Lembaga keuangan dengan media offline dan kasat mata, sedangkan Fintech media online yang memanfaatkan penggunaan gadget.

Proses yang Berlangsung

Bank dan Fintech memiliki perbedaan dari proses yang berlangsung. Dimana, bank langsung melakukan proses pembayaran di saat itu juga dengan benda kasat mata, sedangkan Fintech melakukan proses yang juga dilakukan saat itu juga tetapi secara tidak kasat mata dan mengandalkan teknologi.

Segi Keamanan

Dalam segi keamanan, tentu saja keduanya memiliki kelemahan masing – masing. Namun, Fintech memiliki resiko lebih tinggi sebab gadget yang digunakan kemungkinan mudah hilang atau diretas. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah mengingat dana yang hilang bisa digantikan Kembali sesuai kebijakan berlaku.

Dari perbedaan – perbedaan di atas tentu saja anda semakin memahami perbedaan mengenai Fintech dan Bank. Lalu, apakah anda tertarik menggunakan Fintech sebagai salah satu metode alternatif bank di eran milenial?^^