Beberapa Teknik Dasar dalam Bermain Bola Voli

Dalam bermain bola voli, kita tidak boleh bermain sembarangan apalagi saat dalam pertandingan. Kita harus memerhatikan beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebelum bermain bola voli.

Adapun beberapa teknik dasar bermain bola voli sebagai berikut:

  1. Servis

Servis adalah teknik dalam memulai permainan bola voli. Teknik ini dapat dikatakan sebagai cara untuk memberikan bola supaya permainan dapat berlangsung.

Akan tetapi, kini teknik servis telah berkembang menjadi serangan pertama untuk tim yang memperoleh giliran dalam melakukan servis. Oleh sebab itu, teknik ini dapat menentu jalannya sebuah pertandingan di mana kita harus memukul bola dengan tepat dan sekuat tenaga agar sampai di daerah lawan.

Teknik dasar dalam servis ini dilakukan dengan kaki berada di belakang garis batas lapangan voli. Teknik servis terbagi menjadi dua macam yakni servis bawah dan servis atas.

  • Servis bawah

Dilakukan dengan cara pemain memegang bola pada tangan kiri dan posisinya agak maju ke depan namun tangannya tetap sejajar dengan pinggang. Lalu ayunkan tangan kanan yang mengepal dan memukul bola dari bawah.

  • Servis atas

Dilakukan dengan bola diangkat ke atas kepala dengan tangan kiri kemudian dipukul menggunakan telapak tangan kanan. Servis atas ini juga terdapat teknik mengapung (floating service) dan teknik melompat (jumping service).

  1. Passing

Passing merupakan teknik yang dilakukan setelah menerima bola dari lawan. Passing bertujuan untuk menerima, menangkis serangan, mengoper serta melakukan serangan balik ke area pertahanan lawan.

Dengan menguasai teknik passing, kita akan dapat mengendalikan permainan dengan cara mengatur strategi tanpa harus menjatuhkan bola di tim kawan. Passing ini terbagi menjadi dua macam yakni passing atas dan passing bawah.

  • Passing atas

Dilakukan ketika bola berada di atas yang bertujuan untuk memberikan umpan kepada kawan setim yang bertugas untuk melakukan smash. Cara melakukan passing atas yaitu dengan menggunakan kedua tangan.

  • Passing bawah

Dilakukan ketika bola berada di bawah yakni menggunakan satu atau dua tangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemain. Passing dengan satu tangan digunakan saat pemain dalam posisi yang sulit atau refleks dalam menerima serangan yang mendadak. Sementara passing dengan dua tangan biasanya digunakan saat bola jatuh tepat di depan pemain.

  1. Smash

Jika sebelumnya untuk memulai dan mengoper bola, maka smash ini digunakan sebagai teknik untuk menyerang ke area pertahanan lawan. Cara melakukan smash yaitu dengan memukul bola pada bagian atas dengan cepat dan kencang.

Oleh karena itu, smash sangat dibutuhkan insting yang tajam, konsentrasi atau fokus, keakuratan serta kekuatan pemainnya.

Dengan kata lain, jika tim mempunyai kemampuan smash yang lebih baik, maka peluang untuk menang juga jauh lebih besar. Akan tetapi, banyak yang mengakui bahwa teknik smash adalah teknik yang sulit atau tantangan paling besar untuk dipelajari.

  1. Blocking

Blocking adalah teknik yang dilakukan oleh pemain utnuk menghalau smash dari tim lawan. Selain itu, teknik ini juga dilakukan untuk mengembalikan serangan lawan tersebut yang nantinya akan menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Saat bola smash dari tim lawan itu mengenai blocking dari tim kamu, maka bola tersebut akan memantul kembali ke arah pertahanan mereka. oleh karena itu, supaya blocking ini dapat berhasil maka pemain yang bertugas sebagai blocking harus berdiri di dekat net.

Semakin dekat posisi pemain dengan net, maka akan semakin sempit pula ruang tembak untuk tim lawan melakukan smash. Saat bola tersebut berada dalam jangkauan smash dari tim lawan, maka pemain blocking harus melompat dan mengangkat kedua tangan yang tinggi.

Selain itu, jari-jarinya juga perlu direnggangkan supaya luas area blocking semakin besar.