Daftar 4 Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh, khususnya untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi anak-anak pun juga bisa terserang. Kebutuhan akan zat besi ini bisa didapatkan dari beberapa makanan yang mengandung zat besi di sekitar kita.

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh si kecil, maka berikut ini ada beberapa daftar makanan yang mengandung gizi tersebut di dalamnya. Mari simak apa saja daftarnya!

1. Hati Ayam

Bicara tentang makanan mengandung zat besi, maka hati ayam berada di urutan paling pertama. Karena makanan satu ini menjadi sumber zat besi terbaik di mana terbukti dalam 100 gram hati ayam ada sekitar 15,48 mg zat besi.

Selain kandungan zat besi, hati ayam juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk si kecil. Maka tak heran saat MPASI Anda juga wajib memberikan hati ayam kepada anak.

2. Brokoli

Sayuran hijau satu ini juga kaya akan kandungan zat besi. Kadar zat besi dalam sayuran brokoli mencapai 1 mg yang mampu penuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Juga di dalamnya ada kandungan vitamin C yang bisa membantu dalam penyerapan zat besi dengan baik.

Brokoli bisa Anda berikan kepada si kecil karena banyak sekali gizi di dalamnya. Tak hanya zat besi dan vitamin C saja, tapi ada pula vitamin K yang sama-sama dibutuhkan oleh buah hati Anda.

3. Kedelai

Nah, satu lagi makanan kaya akan zat besi yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kita yaitu kedelai. Kedelai ini bisa diolah menjadi banyak macam makanan seperti tempe, tahu hingga sudah ada susu kedelai yang bisa Anda konsumsi dengan mudah.

Ada sekitar 4,54 mg zat besi dalam satu cangkir kedelai yang dapat Anda jadikan sebagai pengganti dari daging. Dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kedelai, maka kebutuhan zat besi Anda akan terpenuhi dengan baik.

4. Bayam

Memangnya siapa yang tidak pernah makan sayur bayam? Sayuran satu ini sangat enak apabila diolah menjadi sayuran bening yang menyegarkan. Dalam 100 gram bayam ada kandungan zat besi sebanyak 2,7 mg. Di mana dapat memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan zat besi harian dalam tubuh.

Meskipun kandungan zat besinya cukup lama diserap oleh tubuh, tapi itu bukan masalah sama sekali. Karena juga ada kandungan vitamin C yang mampu bantu penyerapan zat besi tersebut jadi lebih cepat.

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikan makanan yang mengandung zat besi sangat wajib. Selain keempat makanan yang disebut di atas, masih banyak lagi yang dapat Anda coba seperti daging merah, kacang-kacangan, ikan dan sebagainya.