Harga USG 4D: Kelebihan dan Efek Samping USG 4D

Ada beberapa metode USG yang digunakan untuk mengecek kondisi janin, yaitu USG 2D, 3D, dan 4D. USG 4D merupakan salah satu metode terbaik dan bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas. Tentu saja harga USG 4D ini lebih mahal dibandingkan USG 2D dan 3D.

Dengan USG 4D ini Anda bisa melihat proses pertumbuhan janin dengan lebih jelas, termasuk ada tidaknya kelainan pada janin maupun ibu hamil yang mengandungnya. Bagi Anda yang ingin mendapat gambaran lebih jelas, metode USG 4D ini sangat cocok digunakan.

Keunggulan USG 4D

Dibandingkan dengan dua metode pemeriksaan lainnya, USG 4D memiliki keunggulan yang cukup besar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan melakukan pemeriksaan janin menggunakan ultrasonografi atau USG 4D:

  • Teknologi yang digunakan lebih canggih
  • Hasil USG berupa video yang bergerak
  • Kualitas USG lebih jelas dan detail
  • Gerakan janin bisa dilihat dengan jelas, contohnya janin sedang menguap
  • Kelainan pada janin bisa terdeteksi dengan lebih akurat
  • Jenis kelamin bisa dilihat dengan jelas
  • Ikatan orang tua dengan janin bisa lebih kuat karena gambar yang nyata.

Efek Samping USG 4D

Sampai sekarang pemeriksaan menggunakan USG 4D aman dilakukan, tidak ada risiko dalam pemeriksaan tersebut. Namun pemeriksaan ini tidak boleh dilakukan sembarang orang, hanya dokter kandungan atau orang berpengalaman saja yang boleh menjalankan USG 4D ini.

Menurut FDA Amerika Serikat, saat gelombang suara pada USG 4D memasuki tubuh, jaringan tubuh menjadi lebih panas dan menghasilkan gas dalam jaringan tubuh. Namun efek samping gas ini sampai sekarang belum diketahui. Namun pemeriksaan USG terlalu sering bisa membuat kondisi janin terganggu.

Kapan USG 4D Dilakukan

Pemeriksaan USG 4D dapat dilakukan ketika struktur organ dari janin sudah terbentuk atau pada usia kehamilan 26 minggu. Dengan begitu hasil yang didapat bisa sesuai harapan karena bagian tubuh janin sudah mulai terbentuk.

Selain itu, pada usia kandungan tersebut posisi janin sudah jarang berubah. Biasanya orang tua akan menggunakan USG 4D ini untuk melihat kondisi janin terutama jenis kelaminnya. Namun dokter kandungan biasanya menyarankan USG 4D jika terdapat kelainan yang sulit dideteksi menggunakan USG 2D dan 3D.

Harga USG 4D

Karena menggunakan teknologi yang lebih canggih dan menghasilkan gambar bergerak atau video, USG 4D ini lebih mahal dibanding USG 2D dan 3D. Harga USG 4D setiap rumah sakit atau klinik berbeda-beda.

Namun umumnya harga USG 4D berkisar antara Rp400 ribu – Rp600 ribuan. Fasilitas yang diberikan juga berbeda-beda tergantung dari klinik atau rumah sakit tersebut. Jika kurang yakin, Anda bisa cek harga USG 4D di website KEHAMILAN SEHAT.

Jika harganya cocok Anda bisa langsung kunjungi klinik KEHAMILAN SEHAT di tempat Anda. Fasilitas yang diberikan lengkap dan bisa memberikan hasil USG 4D yang memuaskan.