Ingin Melamar Pekerjaan? Berikut Contoh Cover Letter untuk Anda

5 Contoh Cover Letter yang Baik dan Menarik agar Lolos HRD!

Surat pengantar atau cover letter ialah surat yang dikirim bersama dengan surat lamaran kerja, cover letter dibutuhkan saat Anda mengirimkan surat lamaran kerja dan memerlukan penjelasan tentang alasan anda melamar dan posisi apa yang dilamar di perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

 

Pengertian Cover Letter

Surat pengantar atau cover letter ialah dokumen yang dikirim bersama dengan surat lamaran serta kurikulum vitae atau CV untuk memberikan informasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman anda. Dapat dikatakan, cover letter ialah sarana melakukan promosi diri kepada perusahaan. Isi cover letter seperti penjelasan kualitas dan kualifikasi anda sebagai pelamar untuk posisi yang anda inginkan.

Jika resume atau CV isinya pengalaman Anda berupa pengalaman akademis dan pengalaman kerja, cover letter isinya minat Anda pada posisi yang dilamar serta hal apa yang menunjukkan Anda adalah calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Panjang cover letter disarankan tidak lebih dari 1 halaman sebab seperti namanya cover letter hanya pengantar untuk memperkenalkan diri Anda sebelum perusahaan tahu anda lebih lanjut lewat CV atau resume.

Setelah memahami pengertian tentang cover letter berikutnya adalah contoh cover letter dengan Bahasa Indonesia:

  1. Data yang Harus dituliskan pada Email Anda
  • Alamat Email: [Pastikan alamat email perusahaan benar]
  • Subjek Email: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi [……] – Nama Anda

 

  1. Isi Cover Letter

Dengan hormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan], Berdasarkan informasi lowongan yang saya dapatkan dari berita lowongan kerja, saya hendak menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar di perusahaan Anda dengan posisi Marketing. Saya merupakan lulusan S1 jurusan Ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 2018. Dengan gelar sebagai S.E, saya yakin cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini.

Sebagai seorang mahasiswa, saya sudah belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif. Dari segi pengalaman kerja, saya mempunyai pengalaman magang di salah satu start-up ternama, Grab, pada divisi marketing.  Di sana, saya belajar mengenai bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target, dan bagaimana menanggapi tuntutan pesaing.

Selain pengalaman magang, saya juga memiliki pengalaman berorganisasi aktif di mana saya menjadi Ketua BEM Universitas. Pengalaman tersebut terbukti dapat membantu saya dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen. Saya juga merupakan pribadi terampil yang memungkinkan saya berbaur dengan budaya kelompok atau tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah kegagalan dan kemunduran. Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yaitu:

  • Curriculum Vitae terbaru
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Selesai Magang

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Bapak/Ibu pertimbangkan lebih lanjut. Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, silakan hubungi saya di 0843****. Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan bagaimana saya akan menjadi bagian dari [nama Perusahaan].

 

Hormat saya, Tata Ratata

 

Sebenarnya untuk apa sih cover letter dibuat? Toh HRD bisa langsung cek di CV dan resume tentang siapa kita?

Berikut ada beberapa fungsi dari cover letter:

  • Menyertakan informasi penting yang tak dapat ditulis dalam CV
  • Menerangkan informasi lanjutan yang sudah anda sertakan dalam CV
  • Memperkenalkan diri terhadap perekrut
  • Menyertakan alasan yang kuat untuk menyakinkan rekruter bahwa harus memili anda

Sekian informasi tentang cover letter lengkap mulai dari pengertian contoh sampai fungsinya, semoga bermanfaat bagi Anda yang akan melamar pekerjaan.