Ini Cara Mudah Membuat NFT Dan Menjualnya Di OpenSea

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!

NFT singkatan dari Non-Fungible Token, ini merupakan salah satu aset digital yang tengah naik daun saat ini. NFT merupakan aset digital yang mewakili aset di dunia nyata. NFT ini layaknya sertifikat digital bagi kamu yang memiliki foto, video, ataupun bentuk virtual lainnya.

Secara sederhana, NFT adalah item layaknya koleksi fisik, tapi bentuknya saja yang berbeda, yaitu digital. Jadi, jika biasanya kamu mendapatkan lagu dalam bentuk fisik seperti kaset, maka kali ini yang akan kamu dapatkan berupa file digital jika membeli NFT.

Grup bernama Remember beberapa waktu lalu ingin membentuk sebuah acara pemakaman virtual. Mereka pun sudah menjual batu nisannya. Batu nisan tersebut berbentuk NFT, dimana saat kamu mengunjungi batu nisan tersebut, maka kamu akan menemukan koleksi digital dari orang yang sudah meninggal dunia. Koleksinya bisa berupa foto, video, dan lain sebagainya.

Fungsi NFT adalah untuk menandai kepemilikan dari sebuah item secara digital. Dengan demikian, kamu bisa membedakan mana pemilik asli dan mana yang menjualnya melalui NFT. Perlu diketahui, ternyata membuat NFT itu cukup mudah.

Cara membuat NFT kurang lebih sama dengan aplikasi penghasil uang, namun membutuhkan karya seni yang dibuat terlebih dahulu. Adapun langkah – langkah untuk membuat NFT adalah sebagai berikut :

  1. Kamu harus punya terlebih dahulu crypto wallet. Jadi, jangan lupa untuk membuatnya dulu. Sebaiknya kamu memilih crypto wallet dari Ethereum seperti Trust Wallet dan dCentWallet.
  2. Setelah itu, pilih market place untuk menjual hasil karyamu misalnya OpenSea.
  3. Buatlah akun di OpenSea, lalu klik Create.
  4. Silahkan tambahkan file yang akan dijadikan NFT, dan pastikan file yang dipilih berukuran dibawah 100M.
  5. Masukkan nama dan informasi lain yang diperlukan, termasuk juga deskripsi.
  6. Lalu akhiri dengan menekan tombol Create.
  7. Selesai, sekarang kamu sudah resmi menjadi pemilik karya seni berbentuk NFT.

Lantas, bagaimana cara menjual NFT di OpenSea? Begini caranya :

  1. Kamu bisa mengakses NFT lewat Profil di situs OpenSea.
  2. Klik NFT yang sudah kamu buat sebelumnya, kemudian tekan Sell.
  3. Masukkan besaran yang diinginkan, contohnya kamu ingin menjual foto asli BTS dengan harga 0.5 ETH atau berapapun.
  4. Perlu diingat bahwa kamu akan dikenakan biaya layanan sebesar 2,5 persen dari total keuntungan.
  5. Kemudian tekan Complete Listing.
  6. Selanjutnya, terdapat biaya mint pada NFT yang hendak dipasarkan.
  7. Silahkan tekan Confirm jika kamu menyetujui perihal biaya didepan muka yang dibutuhkan.

Selesai, sekarang NFT milik kamu sudah resmi mengudara dan bisa dibeli oleh siapapun. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu OpenSea?

OpenSea adalah peer-to-peer marketplace untuk NFT. Jadi, kamu bisa menjual NFT yang sudah kamu buat di OpenSea. Tenang, jika NFT punya kamu bagus dijamin akan laku. Sebab marketplace ini yang terbesar di dunia, setidaknya untuk saat ini.

Tercatat, setidaknya ada sekitar 300 ribu pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT yang ada di OpenSea. Bahkan, volume transaksi di marketplace yang satu ini mencapai lebih dari US$4 miliar. Perdagangan NFT di OpenSea didominasi oleh mata uang ETH. Meski demikian, OpenSea menerangkan bahwa mata uang inti di platform mereka diantaranya seperti Ethereum (ETH)/WETH, USDC, dan DAI. Bahkan, OpenSea memiliki lebih dari 150 token pembayaran lain yang tersedia yaitu $UNI dan $WHALE.