Inilah 3 Cara Redirect 301 WordPress Secara Cepat

Bagi para webmaster professional, cara redirect 301 wordpress bukanlah sebuah masalah. Namun, bagi blogger pemula hal tersebut jadi sebuah kendala yang mungkin membutuhkan banyak waktu.

Redirect dilakukan jika Anda ingin mengubah URL lama ke URL baru. Atau Anda ingin mengubah permalink baru pada konten artikel. Maka, bisa dikatakan Anda mulai dari 0 lagi.

Robot Google akan melakukan pengindeksan ulang. Hal itulah yang kemudian membuat beberapa pengunjung akan menemukan halaman “404 not found”. Namun, sejauh mana Anda mengetahui redirect 301 wordpress?

Mengenal Apa Itu Redirect 301

Pernahkah Anda ketika sedang mengunjungi sebuat website, tapi justru URL website tersebut berubah? Misalnya, awalnya Anda ingin mengunjungi sebuah blok wisata www.blog.wisata.com, tapi malah menjadi www.wisata.com/blog.

Perubahan tersebut bisa disebut sebagai redirect 301. Sebuah pengalihan dari satu URL ke URL lain secara permanen. Jadi, website yang lama sudah tidak ada lagi dan digantikan website baru.

Maka, meskipun Anda menuliskan nama website lama, maka akan secara otomatis dipindahkan ke website baru. Namun, pada dasarnya hal ini tidak memberikan dampak negative pada pengunjung.

Kapan Harus Melakukan Redirect 301?

Pertanyaannya adalah kapan pemilik website harus melakukan cara redirect 301? Ada beberapa jawaban yang bisa dijadikan alasan. Setidaknya, ada 6 alasan yang membuat para webmaster memindahkan URLnya.

  1. Mendesain ulang website

Jika Anda mengubah desain website secara total, aka nada beberapa URL yang berpindah. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus segera menambahkan redirect 301 supaya tidak terjadi broken link.

  1. Konten sudah habis masa berlakunya

Beberapa konten tertentu memiliki masa berlaku, misalnya promo atau diskon. Jika masa berlakunya sudah habis, maka akan segera di takedown. Biasanya, hal ini juga dibantu oleh jasa SEO Bali.

  1. Menggabungkan lebih dari 1 website

Bagi pemain SEO yang sudah professional, menggunakan teknik redirect 301 bisa dipakai untuk meningkatkan traffic. Caranya adalah dengan mengarahkan semua URL ke URL utama sehingga traffic akan terkumpul jadi 1.

  1. Mengubah permalink baru

Jika sebelumnya sudah membuat permalink dan sudah terindeks oleh Google, tapi ternyata permalink tersebut salah. Maka, Anda bisa menggunakan redirect untuk mengarahkan ke post terbaru.

  1. Mengganti CMS website

Dulu, banyak blogger yang menggunakan platform Blogspot. Namun, CMS yang lebih menguntungkan seperti WordPress muncul. berganti CMS bisa menggunakan redirect 301 yang dapat dibantu oleh jasa SEO Bali.

  1. Mengubah HTTPS dan WWW

Dalam beberapa kasus, website yang belum menggunakan HTTPS serta WWW akan berubah URLnya. URL tersebut bisa berubah secara permanen lewat menggunakan fitur redirect 301 tersebut.

Cara Redirect 301 dengan Cepat

Ada beberapa cara jika Anda ingin redirect 301. Setidaknya, ada 3 cara yang bisa Anda pakai sebagaimana berikut.

  1. Menggunakan .htaccess

Cara redirect 301 pertama adalah dengan mengubah htaccess. Anda bisa menemukannya pada bagian direktori root domain website lewat panel hosting dan kemudian tambahkan beberapa kode script.

  1. Gunakan plugin yoast

Yoast merupakan salah satu plugin yang serbaguna. Untuk melakukan redirect, Anda bisa mengisi URL secara manual untuk setiap halaman. Yoast cocok untuk melakukan perubahan dalam jumlah kecil.

  1. Gunakan plugin redirection

Plugin lain yang bisa digunakan adalah Redirection dari wordpress. Caranya adalah masukkan URL lama serta URL baru lalu Add Redirect. Setelah itu, proses bisa diselesaikan dalam beberapa waktu saja.

Jika Anda masih tidak memahami mengenai redirect 301, maka hubungi Cv. Exito Bali kapan saja. Melalui beberapa paket layanan kami, Anda akan diberikan fasilitas yang lengkap, juga termasuk cara redirect 301.