Jenis-jenis Rangkaian pada AC

Dalam dunia kelistrikan, ada salah satu arus yang sering dipakai untuk berbagai keperluan. Arus listrik ini dikenal sebagai arus AC atau arus bolak balik. Arus AC adalah pergerakan muatan listrik yang bisa terjadi secara berkala serta berbeda dengan jenis arus searah. Arus ini juga memiliki beberapa jenis berbeda.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa itu arus AC dan apa saja jenis rangkaian arus AC maka jangan khawatir. Dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai pengertian arus AC dan juga jenis-jenis rangkaian pada AC yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Pengertian Arus AC

Arus AC merupakan pergerakan arus listrik yang memiliki besaran dan arah yang secara berkala bisa berubah ketika melalui rangkaian atau media listrik. Pada suatu rangkaian listrik ada arus listrik yang melalui titik di waktu tertentu. Arus kemudian digerakkan oleh GGL (Gaya Gerak Listrik) yang disebut dengan tegangan atau beda potensial.

Arus AC memiliki nilai puncak gelombang bawah dan atas yang berubah-ubah. Apabila telah mencapai puncak gelombang bawah dan atas secara penuh, bisa dibilang bahwa nilainya adalah satu gelombang.

Jenis-Jenis Arus AC

1. Radian

Radian merupakan satuan sudut bidang datar pada sistem internasional. Adapun sudut yang terbentuk antara jari-jari lingkaran dengan panjang busur sama dengan sudut pada jari-jari lingkaran.

2. Derajat Listrik

Derajat listri bisa digambarkan sebagai sebuah kumparan yang berputar penuh yakni 3600 putaran. Besaran putaran tersebut sama dengan tegangan induksi yang dihasilkan. Apabila kutub magnet ditambah hingga 4 kutub, maka tegangan dan kumparan tersebut bisa menjadi 2 kali lipat lebih besar yaitu 7200. Terjadinya dua siklus ini disebut dengan derajat listrik.

3. Kecepatan Sudut

Kecepatan sudut adalah besar sudut yang ada pada titik tepi lingkaran. Omega adalah satuan kecepataan sudut tersebut. Misalnya sebuah benda bersifat konduktor berputar pada medan magnet serta memiliki kecepatan pada satuan waktu/ detik.

Demikian ulasan mengenai pengertian arus AC dan jenis-jenis rangkaian pada AC yang sebaiknya anda ketahui. Arus AC bisa dibilang sebagai arus yang memiliki popularitas yang bisa berubah pada siklus yang teratur.