Kegunaan Kertas A5 yang Perlu Anda Ketahui

Kertas A5 juga termasuk yang banyak digunakan dalam bidang percetakan. Kertas dengan ukuran ini cocok untuk mencetak berbagai jenis buku atau dokumen. Tidak hanya digunakan untuk mencetak buku, kertas berukuran A5 juga sering dipakai untuk media promosi seperti brosur, flyer, katalog, dan lainnya.

Kegunaan Kertas A5

Sebelum membawa naskah atau dokumen untuk dicetak di tempat cetak buku terpercaya, maka ketahui terlebih dahulu kebutuhan kertas yang akan digunakan. Kertas dengan ukuran A5 sendiri memiliki ukuran 14,8 x 21,0 cm dan kegunaannya adalah sebagai berikut:

1. Buku Kalender

Kalender tidak hanya berbentuk pajangan untuk dipasang di dinding dengan ukuran yang lebar saja. Namun, di dunia perkantoran biasa menggunakan kalender meja dengan ukuran yang lebih kecil. Jenis kertas yang digunakan pun cenderung lebih tebal dan sudah dilaminasi glossy atau doff.

Ukuran kertas A5 adalah yang paling cocok untuk mencetak kalender meja dan biasanya dijilid menggunakan spiral kawat agar bisa dibuka sempurna 360 derajat.

2. Buku Agenda

Agenda merupakan salah satu jenis buku yang sering dibawa kemana-mana untuk mencatat to do list atau agenda harian yang akan dilakukan setiap hari. Sehingga agar lebih praktis maka ukurannya pun cenderung lebih kecil dibandingkan kertas A4 agar bisa dimasukkan ke berbagai ukuran tas.

Karena bagaimanapun juga menggunakan buku dengan ukuran besar tentu sedikit merepotkan untuk dibawa ke berbagai acara. Meskipun sudah ada teknologi smartphone namun sebagian orang lebih senang menulis agenda harian di buku khusus agenda.

3. Laporan Praktikum

Buku laporan praktikum termasuk jenis buku yang wajib dimiliki khususnya oleh anak teknik. Ukuran kertas A5 menjadi standarisasi ukuran untuk jenis buku tersebut. Karena laporan praktikum biasanya sering dibawa kemana-mana sehingga lebih cocok jika ukurannya kecil agar lebih praktis.

Dengan mengetahui kegunaan kertas A5 di atas, maka lebih mudah untuk menentukan jenis dokumen atau naskah apa yang cocok dicetak dengan menggunakan ukuran kertas ini. Tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu harganya agar sesuai budget.