Ketersediaan Online Lirik Lagu

Pernah bertengkar dengan teman tentang lirik sebuah lagu? Jika Anda seperti banyak orang hari ini, argumen diselesaikan dengan mencari lirik di Google.

Tapi apakah itu diselesaikan? Mencari lirik online membuka ladang ranjau potensial!

Pertama, legalitas situs database lirik. Lirik lagu adalah konten berhak cipta, dan menurut undang-undang yang ketat, reproduksi tidak sah, kecuali dianggap “penggunaan wajar”, tidak diizinkan. Tapi apa itu penggunaan wajar?

Apakah penggunaan wajar katalogisasi dan pencarian artis seluruh repertoar lirik lagu? Ini adalah wilayah abu-abu. Di satu sisi hak cipta jelas dilanggar, di sisi lain, bukankah itu juga dilanggar ketika Anda bernyanyi lama dengan lagu favorit Anda saat diputar di radio? Pelanggaran hak cipta tidak begitu hitam dan putih.

Kedua, ada keakuratan lirik. Seringkali dimungkinkan untuk menemukan beberapa transkripsi lirik ke lagu yang sama secara online, yang membuat frasa tertentu benar-benar berbeda dan mengubah arti lagu.

Ketiga, jika Anda pernah mencari lirik melalui Google, Anda pasti menyadari bahwa hampir semua situs lirik populer dibanjiri iklan dan popup. Sebagian besar halaman membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dimuat karena semua iklan! Yang menjengkelkan untuk sedikitnya.

Tapi lihat sekeliling, ada beberapa situs alternatif di sekitar yang tidak membanjiri pengguna dengan iklan, memiliki transkripsi yang lebih akurat, dan https://m.travelagu.com menghindari masalah legalitas dengan menghosting di luar AS. Ternyata hanya di AS ilegal untuk meng-host situs yang berisi lirik lagu, dan, dalam hal ini, ilegal untuk bernyanyi lama dengan lagu favorit Anda di beberapa tempat umum. Bukan berarti itu menghentikan baik webmaster maupun orang biasa untuk melakukan keduanya.

Hak cipta adalah wilayah abu-abu, dan mungkin memang begitu seharusnya? Pikirkan tentang hal itu lain kali Anda menyanyikan kata-kata untuk lagu favorit Anda…