Kota Paling Barat Indonesia

Sabang adalah kota paling barat Indonesia yang juga menyimpan banyak pesona, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Sabang, simak ulasan berikut ini mengenai keindahan kota paling barat di Negara indonesia tersebut.

Mengenal Sabang, Kota Paling Barat Indonesia

Secara geografis Kota Sabang masuk ke dalam wilayah kepulauan Pulau Weh yang ada di Provinsi Aceh. Wilayah paling utara di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini ternyata menyimpan banyak hal menarik. Simak penjelasan berikut ini mengenai kota Sabang.

Pelabuhan Andalan

Kota paling barat Indonesia ini ternyata menjadi pelabuhan penting di Selat Malaka tepatnya sebelum munculnya Perang Dunia II. Vrij Haven merupakan pelabuhan di Sabang yang sudah terkenal sejak 1895 dan dikelola oleh Maatschappij Zeehaven en Kolen Station.

Daerah tersebut selanjutnya dijadikan sebagai garis pertahanan terdepan serta pelabuhan militer pasukan tentara Jepang. Hal tersebut yang mendasari mengapa di kota Sabang banyak ditemukan peninggalan kuno berupa benteng dan bunker bekas Jepang dimana masih kokoh hingga saat ini.

Kilometer Nol

Sabang juga merupakan tanda kilometer nol dari negara Indonesia tepatnya di tugu yang dibangun di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya. Tugu tersebut memiliki tinggi 43,6 kilometer di atas permukaan air laut yang dicat putih, sehingga membuatnya tampak sangat bermakna.

Puncak tugu tersebut terdapat patung garuda mencengkram perisai yang berbentuk angka nol. Selain itu, tugu kilometer nol tersebut juga memiliki pilar penyangga berjumlah empat yang menyimbolkan batas negara, yaitu Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Rote.

Bekas Pusat Pertahanan Angkatan Laut

Selain Jepang, Angkatan Laut Republik Indonesia Serikat juga menjadikan Sabang sebagai pusat pertahanannya. Pelabuhan di Sabang dibeli oleh pemerintah Indonesia yang kemudian menjadi awal mula munculnya kota dengan Kawasan Perdagangan Bebas.

Kota paling barat Indonesia tersebut ternyata menyimpan banyak cerita sejarah serta keunikan di dalamnya. Jika Anda masih penasaran dan ingin selalu mendapatkan kabar terkini yang akurat, maka setelah berkunjung ke portal berita Dieselpunks.org karena banyak informasi menarik di sana.