Mau Investasi yang Mengutungkan? Yuk Kita Kenalanan dengan Crowdfunding

Bila sebelumnya sudah mengenal apa itu crowdfunding hanya dikhususkan untuk penerbitan saham, melalui Securities Crowdfunding instrumen yang diterbitkan beragam.

Securities crowdfunding adalah layanan urun dana berbasis teknologi informasi dengan mekanisme penerbitan efek yang dilakukan oleh pelaku usaha (penerbit) melalui sebuah platform, nantinya efek tersebut akan ditawarkan kepada seluruh investor tanah air.

Efeknya berupa saham, saham syariah, obligasi, obligasi konversi, hingga sukuk. Sehingga pelaku usaha dan investor mendapat beragam pilihan dan terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Penerbit mendapatkan modal untuk mengembangkan usahanya, dan investor mendapatkan bagi hasil secara berkala.

Sama seperti equity crowdfunding Indonesia, dalam Securities Crowdfunding juga terdapat 3 pihak yang terlibat yaitu Penyelenggara, Penerbit, dan Investor.

Di Indonesia mekanisme Securities Crowdfunding telah legal melalui diterbitkannya POJK 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.

POJK tersebut merupakan revisi dari aturan tentang Equity Crowdfunding yakni POJK nomor 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi.

Apakah kamu sudah ada gambaran mengenai cara kerja securities crowdfunding? Kalau belum, berikut ilustrasi guna mempermudah pemahamanmu.

Jonathan merupakan entrepreneur, usahanya di bidang coffee shop telah membuahkan hasil sebanyak 5 cabang yang berlokasi di Jabodetabek. Bisnis yang Jonathan jalani sangat potensial dengan target market yang sesuai sasaran.

Jonathan berniat untuk melakukan ekspansi bisnis dengan menambah cabang kedai kopinya di seluruh pulau Jawa dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Hanya saja, Jonathan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan modal untuk ekspansi. Jonathan pun enggan berutang karena khawatir tingkat suku bunga yang naik tiba-tiba dan belum tentu sesuai prasayarat pengajuan.

Nah, melalui platform securities crowdfunding kini kebutuhan modal ekspansi bisnis Jonathan dapat dipenuhi oleh seluruh rakyat Indonesia dengan cara menerbitkan saham bisnis untuk ditawarkan kepada para investor.

Jonathan senang karena kebutuhan modal untuk ekspansi bisnis terpenuhi, dan investor bahagia karena mendpatkan bagi hasil berupa dividen dan capital gain (bila saham dijual di pasar sekunder).

Salah satu platform crowdfunding yang ada di Indonesia yaitu Amartha. Melalui Amartha, kini pelaku usaha mendapatkan kemudahan unuk mengakses modal, beberapa di antaranya yaitu:

  • Memberikan kemudahan akses modal.
  • Pendanaan hingga 10 miliar.
  • Bunga 0%.
  • Pencairan Cepat.
  • Tanpa Jaminan.

Bagaimana? Menguntungkan bukan?