Menilik Manfaat Buah Semangka untuk Bayi

Bagi yang akan memberikan makanan untuk bayi sebaiknya pilih bahan makanan yang sehat. Pencernaan bayi belum terlalu kuat sehingga belum bisa mengonsumsi makanan yang aneh-aneh. Untuk amannya, berikan makanan yang cocok dikonsumsi bayi yang bisa memberikan kesehatan tubuh seperti buah dan sayur. Semangka  termasuk buah yang memberikan manfaat termasuk untuk bayi karena kandungan nutrisinya yang banyak dan memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Semangka Bagi Bayi

Buah semangka memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk bayi seperti berikut ini:

  1. Menjaga kadar cairan tubuh

Kandungan yang banyak pada semangka seperti yang dapat diketahui dengan mudah adalah air. Buah ini merupakan buah dengan banyak air yang bisa memberikan rasa segar. Selain segar, tentunya dengan mengonsumsi semangka juga dapat menjaga kadar cairan tubuh. Hal ini sangat penting bagi bayi yang dapat membantu untuk menghindari terjadinya dehidrasi bagi bayi. Karena tidak seperti pada orang dewasa, apabila bayi mengalami dehidrasi dapat berakibat hingga fatal. Sehingga pastikan untuk menjaga kadar cairan tubuh bayi yang mudah didapatkan salah satunya dengan memberikan buah semangka.

     2. Menjaga kesehatan mata

Buah semangka juga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini mempunyai kandungan vitamin A yang seperti dikenal pada umumnya memberikan manfaat untuk menjaga mata bayi agar tetap sehat. Selain itu, vitamin lainnya yang dipunyai buah semangka adalah vitamin C dan vitamin B6. Berbagai vitamin tersebut bermanfaat untuk membuat imun tubuh lebih kuat sehingga membantunya tetap sehat dan terhindari dari virus penyakit yang menyerang.

      3. Mencegah konstipasi

Manfaat semangka untuk bayi jug akan membantunya untuk mencegah konstipasi gangguan pencernaan yang membuat susah buang air besar. Semangka mempunyai kandungan air seperti yang telah disebutkan di atas dengan manfaat untuk mencegah konstipasi dengan mudah dan alami. Selain itu kandungan lainnya dari buah ini adalah kaya serat yang dapat untuk melancarkan pencernaan.

     4. Menjaga kesehatan jantung

Semangka sangat baik juga untuk menjaga kesehatan jantung bagi bayi. Semangka mengandung citrulline dan lycopene yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga manfaat tersebut bisa didapatkan untuk bayi apabila orang tua dapat mengolah semangka dengan tepat untuk menjadi salah satu MPASI yang selain enak dan disukai bayi juga dapat untuk memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

Cara Mengolah Semangka untuk Bayi

Agar mendapatkan berbagai manfaat semangka untuk menjaga kesehatan bayi, Anda bisa menggunakan beberapa tips mudah untuk mengolahnya dengan tepat seperti berikut ini:

  • Pertama adalah pastikan untuk memberikannya ketika bayi sudah cukup untuk mengonsumsi MPASI yaitu saat usia 6 bulan ke atas.
  • Pastikan anak sudah mempunyai gigi yang baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi termasuk apabila diberikan semangka.
  • Akan lebih baik untuk tidak mencampurkan semangka dengan makanan lainnya. Bisa dengan membuat puree semangka yang lembut untuk bayi.
  • Jangan berikan secara berlebihan, dan tes terlebih dahulu apakah anak akan mengalami gangguan pencernaan hingga alergi setelah diberikan semangka.

Agar mendapatkan manfaat semangka untuk bayi, pastikan juga memberikannya buah semangka yang masih segar. Atau apabila perlu memilih produk semangka organik yang akan lebih sehat untuk dikonsumsi. Buah semangka segar hingga organik tersebut bisa didapatkan di TaniHub. Anda bisa membeli semangka yang baik untuk bayi dengan harga terjangkau, pengiriman hanya satu hari, dan juga menawarkan jangkauan di berbagai kota untuk mendapatkan produk makanan segar bagi bayi.