Pentingnya Cek Resi Saat Menggunakan Jasa Ekspedisi

Dalam dunia jasa ekspedisi sebuah Resi adalah hal penting yang harus diketahui manfaatnya, terutama bagi pengguna jasa pengiriman barang. Nomor Resi adalah sebuah bukti yang telah dikeluarkan oleh pihak jasa logistic kepada para konsumen sebagai bukti bahwa barang yang dipesan sudah dalam proses pengiriman. Seiring dengan berjalannya waktu, sebuah jasa pengiriman barang seringkali dijadikan sebagai pilihan untuk mengirimkan barang kepada para konsumen di berbeda tempat. Jasa ekspedisi sering dipilih karena proses pengiriman yang ;ebih efesien dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Seringnya melakukan berbelanja secara online adalah sebuah kebiasan yang sudah banyak dilakukan dimasa sekarang. Hal itu dikarenakan berbelanja online dinilai lebih praktis dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun, bagi anda yang sering berbelanja online jangan lupa untuk tetap memperhatikan nomor resi yang diberikan jasa ekspedisi.

Nomor resi pada saat ini sudah menjadi hal yang sering dipertanyakan oleh para pembeli, hal itu dikarenakan nomor resi dapat dijadikan sebagai bukti pengiriman yang sah. Oleh karena itu, terutama jika anda seing membeli sebuah produk secara online perlu untuk selalu memperhatikan nomor resi yang terdapat pada paket anda. nomor resi berbentuk sebuah kertas lembaran kecil yang terdapat sebuah nomor seri tertentu sebagai bukti pengiriman. Anda bisa dengan mudah melakukan cek resi pada website yang sudah disediakan oleh pihak jasa ekspedisi, hal itu akan membuat anda dapat dengan mudah untuk melakukan pelacakan terhadap barang yang sedang dalam proses pengiriman yang dilakukan oleh jasa ekspedisi. Adapun berbagai macam kegunaan nomor resi saat menggunakan jasa ekspedisi diantaranya

  • Bukti sah proses pengiriman
  • Dapat mengambil langsung barang dikantor ekspedisi
  • Dapat mengetahui kondisi barang
  • Pelacakan barang

1. Bukti sah pengiriman

Nomor resi merupakan sebuah bukti yang dikeluarkan oleh pihak jasa ekspedisi saat proses pengriman barang sudah dilakukan. Nomor resi mempunyai tujuan untuk membantu para konsumen untuk mengetahui barang yang dipesan sudah dalam proses pengiriman. Nomor resi diciptakan agar dapat meyakingkan para konsumen terhadap barang pesanan yang telah dikirimkan.

2. Dapat mengambil langsung barang dikantor ekspedisi

Resi adalah bukti sah pengiriman barang atau sebagai sebuah identitas dari paket yang anda pesan, oleh karena itu jika anda tidak sabar dengan barang yang dipesan yang belum kunjung dikirimkan kepada anda, maka anda bisa mengambil barang pesanan anda di tempat kantor ekspedisi yang menyimopan barang anda. dengan nomor resi maka akan membantu anda dalam menemukan barang anda yang ada di kantor ekspedisi.

3. Dapat mengetahui kondisi barang

Dalam sebuah pengiriman barang terkadang ada beberapa kasus yang mungkin bisa terjadi, salah satunya adalah proses pengiriman barang yang salah yang dapat berdampak pada penjual yang sering mendapat sebuah keluhan dari pembeli. oleh karena itu, nomor resi dapat membantu anda dalam mengetahui kondisi barang dan selalu tahu lokasi barang yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi.

4. Pelacakan barang

Setelah biaya pembayaran sudah selesain dilakukan, maka pihak penjual akan memberikan sebuah nomor resi kepada para konsumen untuk mempermudah dalam melakukan lacak paket. Jika anda sudah diberi sebuah nomor resi oleh penjual maka pastikan nomor resi tersebut jangan sampai hilang, karena jika nomor resi hilang dan berpindah tangan kepada orang yang tidak bertanggung jawab di khawatirkan justru dipakai dalam melakukan sebuah tindakan yang tidak diinginkan.